Rekomendasi Tempat Wisata di Kulon Progo yang Populer dan Alam Banget

Rekomendasi Tempat Wisata di Kulon Progo yang Populer dan Alam Banget

Rekomendasi Tempat Wisata di Kulon Progo yang Populer dan Alam Banget

Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, paling cocok untuk berwisata. Salah satunya ke bagian Barat kotanya, yakni Kabupaten Kulon Progo. Ada banyak sekali tempat wisata di Kulon Progo yang sanggup memanjakan mata dan pikiran, begitu menawan.
Bandar Bola
Berbagai tempat wisata di Kulon Progo amat tergoda oleh topografi wilayahnya. Di bagian Utara ada wilayah dataran tinggi yang menyejukkan. Bagian Tengah, peralihan dataran rendah dan perbukitan. Lalu bagian Selatan ada dataran rendah bersama wilayah pantai.

Berdasarkan topografinya, tempat wisata di Kulon Progo memang sama juga bersama bentang alam. Hal inilah yang sebabkan kabupaten Kulon Progo masih punya khas ndeso memadai kental dan banyak diminati wisatawan. Mayoritas penduduknya terhitung masih bekerja sebagai petani dan berkebun. Pengelolaan wilayah pariwisata belum menyeluruh seperti tempat kota.

Berikut dikutip dari Liputan6.com ulas tempat wisata di Kulon Progo dari bermacam sumber, Selasa (8/12/2020).

Tempat Wisata di Kulon Progo

Kalibiru

Kalibiru merupakan tempat wisata di Kulon Progo yang tenar karena keindahan yang ditawarkan. Kalibiru berjarak kira-kira 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja, berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Lokasi Kalibiru berbentuk tempat hutan kemasyarakatan yang ada di perbukitan Menoreh. Kalibiru tawarkan pemandangan waduk Sermo dan hutan yang asri dari ketinggian 450 mdpl.

Di sini pengunjung sanggup menemukan banyak spot foto bersama latar belakang pemandangan alam yang indah. Cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru akan mendapati situasi dan udara yang sejuk dan tenang.

Puncak Suroloyo

Jika menginginkan lebih dekat lagi bersama alam bebas, pengunjung sanggup mencobanya untuk singgah ke wisata alam Puncak Suroloyo. Akan namun memang dibutuhkan banyak usaha untuk sanggup sampai ke atas puncak Suroloyo, karena pengunjung akan dihadapkan tangga sebanyak 200 anak tangga.

Namun, jangan kuatir karena semua rasa capek dan usaha tak akan terbuang sia-sia. Semuanya akan terbayar bersama keindahan pemandangan alam yang membentang luas dan siap memanjakan indera penglihatan.

Lokasinya Puncak Suroloyo ini terdapat di selama Perbukitan Menoreh. Tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Waduk ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Tujuan utama dibangunnya waduk Sermo adalah untuk pemenuhan kebutuhan irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan wauk Sermo dijadikan sebagai tempat wisata di Kulon Progo.

Waduk Sermo tawarkan situasi tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Anda terhitung sanggup menyewa perahu untuk mengarungi waduk bersama luas kuran lebih 157 Ha ini.

Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan pantai yang paling tenar di kulon Progo. Pantai ini memadai menarik karena punya laguna yang indah. Laguna tersebut terbentuk dari bagian daratan agak cekung yang memuat air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga bersama tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar.

Selain dikenal bersama lagunanya, pantai Glagah terhitung dikenal bersama tetrapod atau pemecah ombak. Tetrapod ini terbuat dari beton berkaki empat yang berfungsi untuk memecah ombak. Ditengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung sanggup berjalan ke arah laut.

Lokasi tetrapod inilah yang jadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama pas ombak yang singgah berkenaan tetrapod-tetrapod tersebut.

Kedung Pedut

Berada di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Kulon Progo berbentuk air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang masuk menikmati situasi Kedung Pedut sanggup memilih sebagian spot untuk berfoto. Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan.

Warna putih jernih berjalan karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di basic sungai.

Kebun Bunga Matahari

Tak cuma di Gunungkidul, kebun bunga matahari terhitung datang di Pantai Glagah. Memang dulunya pantai ini sama juga bersama laguna dan terhitung tetrapod yang punya fungsi guna memecah ombak.

Kini, Pantai Glagah terhitung punya suatu spot yang sanggup menarik para wisatawan untuk datang, berbentuk kebun Bunga Matahari. Bagi yang menginginkan singgah ke wisata alam ini, pahami musim berkembangnya matahari.

Jika tak beruntung, pengunjung tidak sanggup lihat kecantikan merekahnya bunga Matahari. Kebun bunga matahari ini terdapat di Glagah, Temon, Kulon Progo, DIY. Di sini, pengunjung sanggup laksanakan swafoto bersama bersama bunga matahari semenarik mungkin.

Kebun Teh Nglinggo

Dengan pesona kehijauannya, Kebun Teh Nglinggo jadi objek wisata yang memadai tenar di Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo adalah salah satu kebun teh yang berada di Yogyakarta. Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Kebun Teh Nglinggo merupakan hamparan perkebunan teh bersama luas kira-kira 136 hektare di ketinggian 900-1000 mdpl. Kebun Teh Nglinggo terhitung dijadikan objek wisata untuk berburu sunset dan sunrise, lho.

Di sini Anda sanggup lihat aktivitas para pemetik teh secara langsung. Hasil teh dari kebun teh ini terhitung dijual bebas di warung-warung kecil punya penduduk setempat.

Anda terhitung sanggup coba pendakian kecil Bukit Kukusan untuk menikmati keindahan Yogyakarta dari ketinggian. Selain Bukit Kukusan, ada terhitung satu curug atau air terjun kecil bernama Grojogan Watu Jonggol yang tenar bersama kesehatan airnya.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Dengan ketinggian sampai 75 mtr. dan debit air yang memadai deras, air terjun ini tampak megah dan amat memesona.

Air Terjun Sidoharjo terdapat di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, Anda terhitung sanggup menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

Goa Kiskendo

Bagi pengagum goa, Kulon Progo terhitung punya wisata alam goa Kiskendo yang wajib dikunjungi. Eksotisnya stalagtit dan stalagmit goa Kiskendo jadi energi tarik yang disuguhkan kepada setiap wisatawan yang berkunjung.

Objek wisata ini punya peristiwa yang konon merupakan tempat bekas pertempuran empat ksatria, yakni Maesuro dan Lemusur melawan Sugriwo dan Subali. Hal ini telah dijelaskan oleh penduduk sekitar.

Jika pengunjung berencana singgah ke goa Kiskendo, sanggup singgah setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Lokasinya sendiri terdapat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Mangrove Jembatan Api-Api

Di Kulon Progo banyak tempat wisata yang Instagramable, keliru satunya Mangrove Jembatan Api-Api yang akhir-akhir ini tengah ngehits dan tenar di kalangan traveler.

Tempat ini mempunyai banyak energi tarik, terlebih nuansa alamnya yang asri dan udaranya yang amat menyejukkan.

Nuansanya yang indah dan Instagenik sebabkan tempat ini jadi spot selfie tenar di Instagram. Jika anda pergi ke Yogyakarta, tempat ini wajib ada di dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *